Selasa, 23 Januari 2018

Jangan remehkan kebaikan

Jangan remehkan kebaikan, meski nampak kecil kelihatannya.

قـصـةُ الإمـام أبي داود و شـرائـه الجنَّة بـدرهـم

Kisah al-Imam Abu Dawud membeli surga dengan satu dirham.

كان الإمامُ أبو داود رحمه الله مرة يركب سفينة، فسمع شخصا على الشّاطئ عطس وقال: الحمد لله.

Dulu al-Imam Abu Dawud Rahimahullah satu tempo menaiki perahu. Lalu, beliau mendengar seseorang yang bersin di tepi pantai, seketika orang yang bersin ini mengucapkan: Alhamdulillah.

فاستأجر أبو داود قاربا بدرهم ونزل من السّفينة حتى جاء إلى العاطس وقال له: يرحمك الله.

Kemudian, al-Imam Abu Dawud mengupah pengemudi perahu dengan satu dirham dan turun dari perahu itu hingga beliau mendatangi orang yang bersin tadi, lalu berkata: Yarhamukallah.

ثم رجع إلى السّفينة. فسأله أصحابه عن سبب فعله لهذا الشىء فقال: لعل هذا العاطس يكون مُجاب الدّعوة!

Kemudian, beliau kembali menaiki perahu. Hal ini membuat kawan-kawannya bertanya-tanya mengenai alasan yang dilakukan beliau. Beliau menjawab: Barangkali orang yang bersin tadi adalah orang yang dikabulkan doanya.

فلما نام أهل السّفينة سمعوا صوتا يقول: (يا أهل السفينة! إن أبا داود اشترى الجنّة من الله بـدرهـم).

Ketika para penumpang perahu terlelap dalam tidurnya, mereka mendengar suara yang menyeru: Wahau para penumpang perahu! Sungguh Abu Dawud telah membeli surga dari Allah dengan uang satu dirham.

الإمام أبو داود رحمه الله هو صاحب كتاب (ســنن أبي داود) جمع فيه مجموعة من أحاديث النبيّ عليه الصلاة والسلام.

Al-Imam Abu Dawud -Rahimahullah- ini merupakan  penyusun kitab sunan Abi Dawud, sebuah kitab yang berisi kumpulan hadis-hadis Nabi 'alaihis sholatu wassalam.

هذه القصة رواها ابنُ عبد البر بسند جيد كما قال الحافظ ابن حجر في شرحه على صحيح البخاريّ.

Kisah ini diriwayatkan oleh Ibnu 'Abdil Barri dengan sanad jayyid, sebagaimana dikatakan oleh al-Hafidz Ibnu Hajar al-'Asqalani dalam kitab Fathul Bari syarh Shahih Bukhari.

Wallahu A'lam

Oleh: Kiai Nur Hasim

Tahlilan 3, 7, 25, 40,100, &1000, Sunnahkah?

Tahlilan 3, 7, 25, 40,100, &1000, Sunnahkah?

Tak henti-hentinya Wahabi Salafi menyalahkan Amaliyah Aswaja, khususnya di Indonesia ini. Salah satu yang paling sering juga mereka fitnah adalah Tahlilan yang menurutnya tidak berdasarkan Dalil bahkan dianggap rujukannya dari kitab Agama Hindu. Untuk itu, kali ini saya tunjukkan Dalil-Dalil Tahlilan 3, 7, 25, 40, 100, Setahun & 1000 Hari dari Kitab Ulama Ahlussunnah wal Jamaah, bukan kitab dari agama hindu sebagaimana tuduhan fitnah kaum WAHABI

ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻨﺒﻲ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﻫﺪﻳﺔ ﺇﻟﻰﺍﻟﻤﻮتى

ﻭﻗﺎﻝ ﻋﻤﺮ : ﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﺑﻌﺪ ﺍﻟﺪﻓﻨﻰ ﺛﻮﺍﺑﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﻓﻰ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻳﺒﻘﻰ ﺛﻮﺍﺑﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺳﺒﻌﺔ ﺃﻳﺎﻡ ﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﻳﻮﻡ ﺍﻟﺴﺎﺑﻊ ﻳﺒﻘﻰ ﺛﻮﺍﺑﻬﺎ ﺇﻟﻰ ﺧﻤﺲ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﻳﻮﻣﺎ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺨﻤﺲ ﻭﻋﺸﺮﻳﻦ ﺇﻟﻰ ﺃﺭﺑﻌﻴﻦ ﻳﻮﻣﺎ ﻭﻣﻦ ﺍﻷﺭﺑﻌﻴﻦ ﺇﻟﻰ ﻣﺎﺋﺔ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻤﺎﺋﺔ ﺇﻟﻰ ﺳﻨﺔ ﻭﻣﻦ ﺍﻟﺴﻨﺔ ﺇﻟﻰ ﺃﻟﻒ عام (الحاوي للفتاوي ج:۲ ص: ١٩٨)

Rasulullah saw bersabda: “Doa dan shodaqoh itu hadiah kepada mayyit.”

Berkata Umar: “shodaqoh setelah kematian maka pahalanya sampai tiga hari dan shodaqoh dalam tiga hari akan tetap kekal pahalanya sampai tujuh hari, dan shodaqoh tujuh hari akan kekal pahalanya sampai 25 hari dan dari pahala 25 sampai 40 harinya akan kekal hingga 100 hari dan dari 100 hari akan sampai kepada satu tahun dan dari satu tahun sampailah kekalnya pahala itu hingga 1000 hari.”

Referensi : (Al-Hawi lil Fatawi Juz 2 Hal 198)

Jumlah-jumlah harinya (3, 7, 25, 40, 100, setahun & 1000 hari) jelas ada dalilnya, sejak kapan agama Hindu ada Tahlilan???

Berkumpul ngirim doa adalah bentuk shodaqoh buat mayyit.

ﻓﻠﻤﺎ ﺍﺣﺘﻀﺮﻋﻤﺮ ﺃﻣﺮ ﺻﻬﻴﺒﺎ ﺃﻥ ﻳﺼﻠﻲ ﺑﺎﻟﻨﺎﺱ ﺛﻼﺛﺔ ﺃﻳﺎﻡ ، ﻭﺃﻣﺮ ﺃﻥ ﻳﺠﻌﻞ ﻟﻠﻨﺎﺱ ﻃﻌﺎﻡ، ﻓﻴﻄﻌﻤﻮﺍ ﺣﺘﻰ ﻳﺴﺘﺨﻠﻔﻮﺍ ﺇﻧﺴﺎﻧﺎ ، ﻓﻠﻤﺎ ﺭﺟﻌﻮﺍ ﻣﻦ ﺍﻟﺠﻨﺎﺯﺓ ﺟﺊ ﺑﺎﻟﻄﻌﺎﻡ ﻭﻭﺿﻌﺖ ﺍﻟﻤﻮﺍﺋﺪ ! ﻓﺄﻣﺴﻚ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﻋﻨﻬﺎ ﻟﻠﺤﺰﻥ ﺍﻟﺬﻱ ﻫﻢ ﻓﻴﻪ ، ﻓﻘﺎﻝ ﺍﻟﻌﺒﺎﺱ ﺑﻦ ﻋﺒﺪ ﺍﻟﻤﻄﻠﺐ : ﺃﻳﻬﺎ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺇﻥ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻗﺪ ﻣﺎﺕ ﻓﺄﻛﻠﻨﺎ ﺑﻌﺪﻩ ﻭﺷﺮﺑﻨﺎ ﻭﻣﺎﺕ ﺃﺑﻮ ﺑﻜﺮ ﻓﺄﻛﻠﻨﺎ ﺑﻌﺪﻩ ﻭﺷﺮﺑﻨﺎ ﻭﺇﻧﻪ ﻻﺑﺪ ﻣﻦ ﺍﻻﺟﻞ ﻓﻜﻠﻮﺍ ﻣﻦ ﻫﺬﺍ ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ، ﺛﻢ ﻣﺪ ﺍﻟﻌﺒﺎﺱ ﻳﺪﻩ ﻓﺄﻛﻞ ﻭﻣﺪ ﺍﻟﻨﺎﺱ ﺃﻳﺪﻳﻬﻢ ﻓﺄﻛﻠﻮﺍ

Ketika Umar sebelum wafatnya, ia memerintahkan pada Shuhaib untuk memimpin shalat, dan memberi makan para tamu selama 3 hari hingga mereka memilih seseorang, maka ketika hidangan–hidangan ditaruhkan, orang – orang tak mau makan karena sedihnya, maka berkatalah Abbas bin Abdulmuttalib:

Wahai hadirin.. sungguh telah wafat Rasulullah saw dan kita makan dan minum setelahnya, lalu wafat Abubakar dan kita makan dan minum sesudahnya, dan ajal itu adalah hal yang pasti, maka makanlah makanan ini..!”, lalu beliau mengulurkan tangannya dan makan, maka orang–orang pun mengulurkan tangannya masing–masing dan makan.

Referensi: [Al Fawaidussyahiir Li Abi Bakar Assyafii juz 1 hal 288, Kanzul ummaal fii sunanil aqwaal wal af’al Juz 13 hal 309, Thabaqat Al Kubra Li Ibn Sa’d Juz 4 hal 29, Tarikh Dimasyq juz 26 hal 373, Al Makrifah wattaarikh Juz 1 hal 110]

Kemudian dalam kitab Imam As Suyuthi, Al-Hawi li al-Fatawi:

ﻗﺎﻝ ﻃﺎﻭﻭﺱ : ﺍﻥ ﺍﻟﻤﻮﺗﻰ ﻳﻔﺘﻨﻮﻥ ﻓﻲ ﻗﺒﻮﺭﻫﻢ ﺳﺒﻌﺎ ﻓﻜﺎﻧﻮﺍ ﻳﺴﺘﺤﺒﻮﻥ ﺍﻥ ﻳﻄﻌﻤﻮﺍ ﻋﻨﻬﻢ ﺗﻠﻚ ﺍﻻﻳﺎﻡ

Imam Thawus berkata: “Sungguh orang-orang yang telah meninggal dunia difitnah dalam kuburan mereka selama tujuh hari, maka mereka (sahabat) gemar menghidangkan makanan sebagai ganti dari mereka yang telah meninggal dunia pada hari-hari tersebut.”

ﻋﻦ ﻋﺒﻴﺪ ﺑﻦ ﻋﻤﻴﺮ ﻗﺎﻝ : ﻳﻔﺘﻦ ﺭﺟﻼﻥ ﻣﺆﻣﻦ ﻭﻣﻨﺎﻓﻖ , ﻓﺎﻣﺎ ﺍﻟﻤﺆﻣﻦ ﻓﻴﻔﺘﻦ ﺳﺒﻌﺎ ﻭﺍﻣﺎﺍﻟﻤﻨﺎﻓﻖ ﻓﻴﻔﺘﻦ ﺍﺭﺑﻌﻴﻦ ﺻﺒﺎﺣﺎ

Dari Ubaid bin Umair ia berkata: “Dua orang yakni seorang mukmin dan seorang munafiq memperoleh fitnah kubur. Adapun seorang mukmin maka ia difitnah selama tujuh hari, sedangkan seorang munafiq disiksa selama empat puluh hari.”

Dalam tafsir Ibn Katsir (Abul Fida Ibn Katsir al Dimasyqi Al Syafi’i) 774 H beliau mengomentari ayat 39 surah an Najm (IV/236: Dar el Quthb), beliau mengatakan Imam Syafi’i berkata bahwa tidak sampai pahala itu, tapi di akhir2 nya beliau berkomentar lagi

ﻓﺄﻣﺎ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺔ ﻓﺬﺍﻙ ﻣﺠﻤﻊ ﻋﻠﻰ ﻭﺻﻮﻟﻬﻤﺎ ﻭﻣﻨﺼﻮﺹ ﻣﻦ ﺍﻟﺸﺎﺭﻉ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ

bacaan alquran yang dihadiahkan kepada mayit itu sampai, Menurut Imam Syafi’i pada waktu beliau masih di Madinah dan di Baghdad, qaul beliau sama dengan Imam Malik dan Imam Hanafi, bahwa bacaan al-Quran tidak sampai ke mayit, Setelah beliau pindah ke mesir, beliau ralat perkataan itu dengan mengatakan bacaan alquran yang dihadiahkan ke mayit itu sampai dengan ditambah berdoa “Allahumma awshil.…dst.”, lalu murid beliau Imam Ahmad dan kumpulan murid2 Imam Syafi’i yang lain berfatwa bahwa bacaan alquran sampai.

Pandangan Hanabilah, Taqiyuddin Muhammad ibnu Ahmad ibnu Abdul Halim (yang lebih populer dengan julukan Ibnu Taimiyah dari madzhab Hambali) menjelaskan:

“Adapun sedekah untuk mayit, maka ia bisa mengambil manfaat berdasarkan kesepakatan umat Islam, semua itu terkandung dalam beberapa hadits shahih dari Nabi Saw. seperti perkataan sahabat Sa’ad “Ya Rasulallah sesungguhnya ibuku telah wafat, dan aku berpendapat jika ibuku masih hidup pasti ia bersedekah, apakah bermanfaat jika aku bersedekah sebagai gantinya?” maka Beliau menjawab “Ya”, begitu juga bermanfaat bagi mayit: haji, qurban, memerdekakan budak, do’a dan istighfar kepadanya, yang ini tanpa perselisihan di antara para imam”.

Referensi : (Majmu’ al-Fatawa: XXIV/314-315)

Ibnu Taimiyah juga menjelaskan perihal diperbolehkannya menyampaikan hadiah pahala shalat, puasa dan bacaan al-Qur’an kepada:

ﻓَﺎِﺫَﺍ ﺍُﻫْﺪِﻱَ ﻟِﻤَﻴِّﺖٍ ﺛَﻮَﺍﺏُ ﺻِﻴﺎَﻡٍ ﺍَﻭْ ﺻَﻼَﺓٍ ﺍَﻭْ ﻗِﺮَﺋَﺔٍ ﺟَﺎﺯَ ﺫَﻟِﻚَ

Artinya: “jika saja dihadiahkan kepada mayit pahala puasa, pahala shalat atau pahala bacaan (al-Qur’an / kalimah thayyibah) maka hukumnya diperbolehkan”.

Al-Imam Abu Zakariya Muhyiddin Ibn al-Syarof, dari madzhab Syafi’i yang terkenal dengan panggilan Imam Nawawi menegaskan;

ﻳُﺴْـﺘَـﺤَﺐُّ ﺍَﻥْ ﻳَـﻤْﻜُﺚَ ﻋَﻠﻰَ ﺍْﻟﻘَﺒْﺮِ ﺑَﻌْﺪَ ﺍﻟﺪُّﻓْﻦِ ﺳَﺎﻋَـﺔً ﻳَﺪْﻋُﻮْ ﻟِﻠْﻤَﻴِّﺖِ ﻭَﻳَﺴْﺘَﻐْﻔِﺮُﻝُﻩَ. ﻧَـﺺَّ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺸَّﺎﻓِﻌِﻰُّ ﻭَﺍﺗَّﻔَﻖَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍْﻻَﺻْﺤَﺎﺏُ ﻗَﺎﻟﻮُﺍ: ﻳُﺴْـﺘَـﺤَﺐُّ ﺍَﻥْ ﻳَـﻘْﺮَﺃَ ﻋِﻨْﺪَﻩُ ﺷَﻴْﺊٌ ﻣِﻦَ ﺍْﻟﻘُﺮْﺃَﻥِ ﻭَﺍِﻥْ خَتَمُوْا اْلقُرْآنَ كَانَ اَفْضَلَ
المجموع جز 5 ص 258

“Disunnahkan untuk diam sesaat di samping kubur setelah menguburkan mayit untuk mendo’akan dan memohonkan ampunan kepadanya”, pendapat ini disetujui oleh Imam Syafi’i dan pengikut-pengikutnya, dan bahkan pengikut Imam Syafi’i mengatakan “sunnah dibacakan beberapa ayat al-Qur’an di samping kubur si mayit, dan lebih utama jika sampai mengha tamkan al-Qur’an”.

Selain paparannya di atas Imam Nawawi juga memberikan penjelasan yang lain seperti tertera di bawah ini;

ﻭَﻳُـﺴْـﺘَﺤَﺐُّ ﻟِﻠﺰَّﺍﺋِﺮِ ﺍَﻥْ ﻳُﺴَﻠِّﻢَ ﻋَﻠﻰَ ﺍْﻟﻤَﻘَﺎﺑِﺮِ ﻭَﻳَﺪْﻋُﻮْ ﻟِﻤَﻦْ ﻳَﺰُﻭْﺭُﻩُ ﻭَﻟِﺠَﻤِﻴْﻊِ ﺍَﻫْﻞِ ﺍْﻟﻤَﻘْﺒَﺮَﺓِ. ﻭَﺍْﻻَﻓْﻀَﻞُ ﺍَﻥْ ﻳَﻜُﻮْﻥَ ﺍﻟﺴَّﻼَﻡُ ﻭَﺍﻟﺪُّﻋَﺎﺀُ ﺑِﻤَﺎ ﺛَﺒـَﺖَ ﻣِﻦَ ﺍْﻟﺤَﺪِﻳْﺚِ ﻭَﻳُﺴْـﺘَـﺤَﺐُّ ﺍَﻥْ ﻳَﻘْﺮَﺃَ ﻣِﻦَ ﺍْﻟﻘُﺮْﺃٰﻥِ ﻣَﺎ ﺗَﻴَﺴَّﺮَ ﻭَﻳَﺪْﻋُﻮْ ﻟَﻬُﻢْ ﻋَﻘِﺒَﻬَﺎ ﻭَﻧَﺺَّ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍﻟﺸَّﺎِﻓﻌِﻰُّ ﻭَﺍﺗَّﻔَﻖَ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﺍْﻻَﺻْﺤَﺎﺏُ. (ﺍﻟﻤﺠﻤﻮﻉ ﺟﺰ 5 ص 258 )

“Dan disunnahkan bagi peziarah kubur untuk memberikan salam atas (penghuni) kubur dan mendo’akan kepada mayit yang diziarahi dan kepada semua penghuni kubur, salam dan do’a itu akan lebih sempurna dan lebih utama jika menggunakan apa yang sudah dituntunkan atau diajarkan dari Nabi Muhammad Saw. dan disunnahkan pula membaca al-Qur’an semampunya dan diakhiri dengan berdo’a untuknya, keterangan ini dinash oleh Imam Syafi’i (dalam kitab al-Um) dan telah disepakati oleh pengikut-pengikutnya”.

Referensi : (al-Majmu’ Syarh al-Muhadzab, V/258)

Oleh: Pecihitam

#Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan #Tahlilan

Sabtu, 20 Januari 2018

Berbeda TAFWIDH Wahabi dengan TAFWIDH salaf

Berbeda TAFWIDH Wahabi dengan TAFWIDH salaf

Tafwidh adalah salah satu konsep memahami sifat-sifat Allah SWT dalam ayat mutasyabihat. Cara ini diamalkan oleh ulama salaf, generasi sahabat, tabi'in dan tabi'in tabi'in.

Namun konsep ini telah salah diartikan oleh kaum Wahabi. Mereka mengaku mengikuti salaf dengan mengamalkan konsep tafwidh, tp tafwidh yg mereka lakukan berbeda dengan tafwidh yang dilakukan ulama salaf.

Dimakah letak perbedaanya?

Tafwidh versi salaf adalah tafwidh makna dan tanzih kaifiyah. Artinya  menyerahkan maknanya kepada Allah swt dan menafikan kaifiyah.

Misalnya kata ISTIWA'. Arti kata ISTIWA' itu ada, tp hanya Allah swt yg mengetahuinya. cukup!!!

Ini sesuai dengan kata Ibnu 'Uyainah (salah seorang ulama besar dari generasi salaf):

عن ابن عيينة قال: ما وصف الله تعالى به نفسه في كتابه فتفسيره تلاوته والسكوت عنه.

Sifat-sifat Allah swt dalam Al-Quran, penafsirannya adalah dengan membacanya dan diam.

Jadi tidak boleh dikatakan, ARTI ISTIWA' ADALAH BERSEMANYAM/DUDUK DI ATAS ARASY, DAN BAGAIMANA (KAIFIYAH) DUDUKNYA ALLAH SWT HANYA ALLAH SWT YG MENGETAHUINYA.

Perkataan seperti inilah yang sering diucapkan oleh Wahabi. Contoh lainnya,  mereka (Wahabi) mengartikan kata YADULLAH dengan TANGAN ALLAH SWT. Dan KEMUDIAN MEREKA BERKATA: ADAPUN BAGAIMANA BENTUKNYA TANGAN ALLAH SWT (KAIFIYAH) MAKA HANYA ALLAH YANG MENGETAHUINYA.

Inilah tafwidh versi Wahabi.TAFWIDH KAIFIYAH WA ITSBATUHA. Menetapkan kaifiyah pada sifat Allah SWT dan kemudian menyerahkan kaifiyah tsb kepada Allah swt.

Kenapa sampai mereka bisa salah dalam mengartikan TAFWIDH?

Karena mereka salah mengembalikan marja' dhamir dalam perkataan imam Malik yang menjadi salah satu landasan mereka dalam melakukan tafwidh.

Dalam satu gelaran majelis ilmu yang diasuh Imam Malik, datang seorang laki-laki dan kemudian membaca ayat:

الرحمن على العرش استوى

lantas laki-laki itu bertanya: BAGAIMANA ISTIWA'NYA ALLAH SWT.

Lalu Imam Malik menundukkan kepalanya  sehingga sekujur tubuhnya dibasahi keringat. Kemudian beliau berkata:

الاستواء غير مجهول والكيف غير معقول والإيمان به واجب والسؤال عنه بدعة

ARTI ISTIWA' ITU DAPAT DIKETAHUI (OLEH ALLAH) DAN KAIFIYAH ITU TIDAK LOGIS, BERIMAN DENGANNYA ITI WAJIB DAN BERTANYA TENTANGNYA ADALAH BID'AH.

Mereka mengembalikan dhamir yang ada pada kalimat:

والإيمان به واجب

Mereka mengembalikan dhamir tsb kepada kaifiyah, sehingga artinya: DAN BERIMAN DENGAN KAIFIYAH HUKUMNYA WAJIB.

Ini merupakan kesalahan yg sangat nyata.

Tidak boleh mengembalikan dhamir tsb kepada kaifiyah. Karena kaifiyah sudah dikatakan sebelumnya  غير معقول (tidak logis). Sesuatu yang tidak logis sudah pasti tidak ada. Nah, kalau tidak ada, BAGAIMANA mungkin bisa diimani.

Yang benar bagaimana?

Mengembalikan dhamir tsb kepada ISTIWA'. Sehingga artinya yg benar adalah sbb:

الاستواء غير مجهول والكيف غير معقول والإيمان به واجب والسؤال عنه بدعة

ARTI ISTIWA' ITU DAPAT DIKETAHUI (OLEH ALLAH) DAN KAIFIYAH ITU TIDAK LOGIS, BERIMAN DENGAN ISTIWA' ITU WAJIB DAN BERTANYA TENTANG ISTIWA' ADALAH BID'AH.

Kisah ini bisa dilihat dalam kitab TAFSI KHAZIN.

Kesimpulannya:

Tafwidh versi salaf adalah tafwidh makna dan tanzih kaifiyah. Artinya  menyerahkan maknanya kepada Allah swt dan menafikan kaifiyah.

Tafwidh versi Wahabi adalah TAFWIDH KAIFIYAH WA ITSBATUHA. Menetapkan kaifiyah pada sifat Allah SWT dan kemudian menyerahkan kaifiyah tsb kepada Allah swt.

Pada akhir tulisan ini saya akan mengutip perkataan salah seorang ulama besar yang bernama Imam Al-Baghwi:

أهل السنة يقولون الاستواء على العرش صفة الله بلا كيف يجب على الرجل الإيمان به ويكل العلم به إلى الله عز وجل

Ahlus-sunnah berkata: Istiwa' adalah sifat Allah swt dengan tidak ada kaifiyah. Sifat tsb wajib diimani Dan diserahkan pengetahuan tentangnya kepada Allah swt.

Untuk zaman sekarang lebih baik mengamalkan konsep TA'WIL, sebuah konsep yang telah dipelopori oleh ULAMA KHALAF, generasi setelah ULAMA SALAF.

Kenapa demikian? Dan bagaimana pengertian konsep TA'WIL?

Insya Allah akan dibahas pada kesempatan yg lain.

Kamis, 18 Januari 2018

Tahukah anda kalau hari ini "Haul" nya Imam Syafi'i?

Tahukah anda kalau hari ini "Haul" nya Imam Syafi'i?

Oleh Kiai abdul Wahab Ahmad

Beliau, seorang lelaki Quraisy yang memenuhi dunia dengan ilmu agama sebagaimana diprediksi kedatangannya oleh Rasulullah, wafat pada malam jumat (kebetulan persis seperti malam ini) dan dimakamkan di hari jumat setelah ashar di hari terakhir bulan Rajab tahun 204 H. Tanggal tersebut bertepatan dengan 19 Januari 820 M. Tepat 1197 tahun lalu (dalam hitungan masehi) pria agung peletak dasar ilmu Ushul Fiqh ini wafat meninggalkan capaian prestasi yang luar biasa.

Sebelum era beliau, al-Qur’an memang sudah lengkap, Hadis sebagai penjelas kitabullah juga sudah selesai terucap dengan lengkap dari lisan baginda Rasulullah. Para ulama pun sudah menyebar ke berbagai penjuru untuk mengajarkan Islam. Tapi baru Imam Syafi'i lah yang mampu memetakan fungsi dan kandungan al-Qur’an - Hadis secara sistematis serta menyusun sebuah manual untuk menjadikannya sebuah ajaran yang aplikatif dan sekaligus adaptif sebagaimana kita kenal kini. Wajar bila saat itu pesona para ulama besar seolah redup dengan kehadiran beliau hingga salah seorang murid Imam Malik (yang berarti teman seperguruan Imam Syafi'i) tak henti-hentinya mendoakan kematian beliau sebab ia takut mazhab Maliki hancur tak tersisa.

Tak terhitung pujian ulama terhadap sosok ini. Begitu sulit menulis secara utuh kecerdasan, kewara'an, kezuhudan, dan berbagai maziyah tokoh ini. Keilmuannya diakui semua muslimin, termasuk yang ingin beliau mati. Kewaliannya tak ada yang mempertanyakan. Tapi meski demikian, ada keinginan beliau yang nampaknya enggan Allah kabulkan, yaitu harapan beliau berikut:

 وددت ان الخلق تعلموا هذا العلم على ان لا ينسب إلي حرف منه
"Aku berharap agar semua manusia mempelajari ilmu ini tanpa sehuruf pun darinya disandarkan kepadaku".

Sosok hebat yang digambarkan "andai sebuah tiang besi dibilang sebagai kayu oleh as-Syafi'i, maka tiang itu akan diputuskan sebagai kayu" ini ternyata ingin sirna ditelan sejarah. Ia ingin berkontribusi sebanyak mungkin dalam menyebarkan ilmu agama namun ingin dilupakan oleh manusia. Allah jelas tak mengabulkan harapan walinya ini.

Mari luangkan beberapa detik waktu anda untuk mengirim Fatihah untuk beliau. Semoga kita semua mendapat barakah beliau. Amin.

Kamis, 11 Januari 2018

Nasehat Imam Malik (guru Imam Syafi'i) Kepada Kaum WAHABI

Nasehat Imam Malik (guru Imam Syafi'i) Kepada Kaum WAHABI

Salah seorang ulama asal KUFFAH yang bernama Ismail bin Bintu As-suddi pernah mendapat teguran keras dari Imam Malik bin Anas. Berawal dari kesalahannya yg fatal, ketika ia menghadiri majelis ilmiah yang diasuh oleh Imam Malik.

Di tengah berlangsungnya majelis, ada salah seorang bertanya kepada Imam Malik, berkaitan masalah faraidh.

Lalu Imam Malik menjawab pertanyaan tsb berdasarkan pendapat IMAM ZAID BIN TSABIT, salah seorang sahabat yang telah diakui Rasulullah Saw kepakarannya dalam ilmu Faraidh.

Ketika mendengar jawaban Imam Malik yang cenderung kepada pendapat ZAID BIN TSABIT, Syaikh Ismail menyanggahnya.

Syaikh Ismail: Pendapat Sayyidina Ali dan Ibnu Mas'ud berbeda dalam hal ini.

Imam Malik: Kamu berasal dari mana:

Syaikh Ismail: Kuffah.

Imam Malik: Sayyidina Ali dan Ibnu Mas'ud telah diakui kapabilitas dan kapasitas keilmuannya tp penduduk negeri kami berpijak kepada pendapat Zaid Bin Tsabit.

Pada akhir dialog, Imam Malik memberi nasehat yang sangat inspiratif.

إذا كنت بين قوم فلا تبدأهم بما لا يعرفون فيبدأك منهم ما تكره

APABILA KAMU BERADA DI TENGAH-TENGAH MASYARAKAT, JANGAN DULU KAMU MEMULAI MEMBAHAS SESUATU YANG MASIH ASING DI TELINGA MEREKA. JIKA TIDAK, MEREKA AKAN MEMULAINYA DENGAN SESUATU YG KAMU BENCI.

Semoga nasehat Imam Malik ini bisa dijadikan renungan Bagi WAHABI di Indonesia. Sehingga mereka tidak menimbulkan ketidak-harmonisan antar anak bangsa.

siyar A'lam An-Nubala, juz 18, hal 134-135.